FAQ (Pertanyaan Populer)

Kolase Basic

Apa itu kolase ?

Kolase adalah situs kolaborasi pertama di Indonesia yang mewadahi berbagai proyek kreatif. Ide apa pun yang berhubungan dengan seni, musik, hiburan, bahkan literatur bisa dimulai jadi nyata di Kolase. Kami membantu para pekerja seni yang mencari dukungan, baik moral maupun finansial, dengan menghubungkan mereka langsung dengan para calon penikmat karya.

Ada dua hal terpenting di Kolase, yaitu adanya karya yang tercipta dan kolaborasi yang terjadi untuk mewujudkan karya tersebut.

Apa Itu Campaign ?

Singkatnya, campaign adalah cara sosialisasi mengenai proyek yang akan diadakan oleh pencipta karya. Melalui campaign, sang artist bisa mendapatkan perhatian dan dukungan calon penikmat karyanya. Pencipta karya yang mengadakan campaign disebut dengan campaigner dan penikmat yang mendukung campaign disebut dengan booster.

Bagaimana cara kerja Campaign ?

Ada beberapa komponen dalam campaign selain campaigner dan booster, yaitu target pendanaan dan reward.

Target pendanaan adalah jumlah dana yang dibutuhkan bagi campaigner untuk dapat mewujudkan idenya dalam bentuk karya. Jika target pendanaan telah tercapai, maka campaigner bisa mulai mengerjakan proyeknya.

Reward adalah hadiah eksklusif yang diberikan kepada booster suatu campaign. Biasanya, reward yang diberikan berbentuk benda-benda yang berhubungan dengan karya yang akan diwujudkan.

Selain dua hal tersebut, hal-hal penting untuk dicantumkan dalam campaign adalah ide, tujuan, dan informasi relevan lainnya mengenai karya yang akan diwujudkan. Ini dilakukan sebagai cara untuk mendapatkan perhatian dan kepercayaan booster.

Apa itu Polling?

Polling adalah salah satu cara untuk campaigner dan artist mencari tahu seberapa hebat ide mereka. Dengan menghimpun suara, artist yang baru akan memulai campaign, atau campaigner yang mau membuat proyeknya lebih baik, bisa mendapatkan kepercayaan diri dan informasi yang dibutuhkan. Anggaplah polling sebagai jalan untuk mendapatkan data langsung dari calon audiens secara massal.

Bagaimana cara kerja Polling?

Baik campaigner maupun non-campaigner, semua bisa membuat polling untuk mendapatkan data atau menghimpun suara yang dibutuhkan. Cukup ajukan sebuah pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya, dan tunggulah jawaban-jawaban yang datang dari para pemilih.

Para pemilih adalah orang-orang yang berpartisipasi dalam polling-mu. Sehingga, tidak perlu defensif dalam menghadapi hasil polling-mu. Apapun jawabannya, semua itu akan membantu mengutuhkan idemu.

Tentang Booster & Campaigner

Baik booster maupun campaigner, semuanya memiliki hak dan kewajiban masing-masing. Sebagai dua pihak yang terlibat dalam proyek kreatif yang sama, penting bagi keduanya untuk menghormati hak dan kewajiban tersebut.

Sebagai booster, kamu bisa mendukung campaign apa pun yang kamu suka. Dengan menjadi booster, kamu telah memberikan suport moral dan finansial terhadap campaigner favoritmu. Kamu bisa membantu campaigner dengan mempromosikan campaign tersebut ke lingkaran pergaulanmu.

Sebagai campaigner, kamu bisa membuat proyek apa pun sesuai aspirasimu selama tidak melanggar undang-undang di Indonesia. Dari dukungan yang kamu dapat dari booster, kamu bisa memulai proyekmu sekarang juga. Asalkan, jangan lupa untuk berbagi proses kreatifmu kepada mereka dan memberikan seratus persen komitmenmu terhadap terwujudnya ide brilian tersebut.

Sebagai pengikat, reward yang diberikan oleh campaigner dan diterima oleh booster akan menjadi simbol apresiasi dan komitmen antara kedua pihak dalam menjadikan nyata sebuah ide yang luar biasa.

Apakah ada biaya komisi yang di potong oleh Kolase?

Adapun komisi yang diberlakukan Kolase diatur di bagian F. Komisi.

Bagaimana cara pengembalian dana (refund) bagi booster yang sudah melakukan boost di campaign yang tidak sukses/gagal?

Adapun komisi yang di berlakukan Kolase diatur di bagian O. Pengembalian dana (refund).

Withdraw for Campaigner

KOLABORASI SUKSES

 

Kolaborasi yang dinyatakan sukses adalah kolaborasi yang sudah lewat masa campaign dengan perolehan booster lebih dari 70%. Di halaman utama (front end) kolaborasi yang sudah sukses akan ditandai dengan label  pada card Kolaborasi yang bersangkutan seperti pada ilustrasi berikut :

Kolaborator (Campaigner) dapat mengakses kolaborasi yang sudah dibuatnya yang di halaman dashboard dibawah tab MY KOLABORASI. Kolaborasi yang dinyatakan berhasil akan tampak seperti gambar berikut:

Meskipun sudah diyatakan  oleh sistem, namun kolaborasi baru bisa diproses pencairan dananya setelah admin mengkonfirmasi kolaborasi tersebut sudah sukses. Sampai dengan proses ini yang bisa dilakukan oleh Campaigner hanya menunggu konfirmasi dari admin.

Campaigner akan mendapat email seperti contoh dari sistem ketika admin sudah mengkonfirmasi kolaborasi yang dibuatnya sukses.

Bersamaan dengan terkirmnya notifikasi email tersebut maka label status kolaborasi di dashboard kontributor juga berubah menjadi . Selalin itu sistem juga memunculkan tombol  di bagian kanan kolaborasi yang terkonfirmasi sukses.

Setelah tombol muncul maka proses penarikan dana kolaborasi dapat dilakukan.

PROSES WITHDRAW

 

Untuk dapat mencairkan Funding Kolaborasi maka Campaigner harus melewati proses Withdraw terlebih dahulu. Berikut adalah tahapan-tahapan dalam prosesnya :

  1. Request Withdraw

Untuk memulai proses withdraw maka campaigner harus melengkapi data data Campaigner sebagai syarat pengajuan withdraw kepada pihak Kolase.com. Klik tombol   untuk memasukkan data-data yang dibutuhkan sesuai dengan formulir yang akan muncul seperti gambar berikut :

Keterangan isian:

  1. Kolom ini diisi dengan nomor telpon campaigner yang aktif dan dapat dihubungi.
  2. Kolom ini diisi dengan nomor KTP campaigner atau penanggungjawab (penanda tangan kontrak)
  3. Kolom ini diisi dengan nomor NPWP campaigner atau penanggungjawab (penanda tangan kontrak)
  4. Kolom ini diisi nama bank yang digunakan untuk transaksi withdraw
  5. Kolom ini diisi nomor rekening bank yang digunakan untuk transaksi withdraw
  6. Kolom ini diisi dengan nama pemegang rekening yang digunakan untuk transaksi withdraw
  7. Kolom ini diisi dengan alamat surat yang akan dicantumkan di dalam kontrak

Setelah semua isian dipastikan terisi dengan benar maka untuk mengirim pengajuan (request) withdraw kepada pihak Kolase.com klik pada tombol .

Status campaign pada tahap ini berubah menjadi  kemudian pihak Kolse.com akan mengkonfirmasi pengajuan withdraw dari campaigner dan akan mengirimkan respon dalam bentuk email kepada campaigner.

  1. Pencairan 50 %

(untuk kategori  amal proses pencairan akan langsung diarahkan ke point e)

Setelah pihak Kolase.com mengkonfirmasi permohonan withdraw maka status campaign akan berubah menjadi . Pada tahap ini campaigner akan mendapatkan respon berupa email yang berisi informasi pemrosesan finansial dari kolaborasi yang akan dicairkan dananya seperti contoh berikut :

Dalam email tersebut juga dilampirkan dokumen Invoice dan Surat Perjanjian yang harus ditandatangani oleh campaigner sebagai Memmorandum of Understanding (MoU) antara pihak Kolase.com dengan Campaigner. Sebelum terjadi kesepakatan

 

Kenapa dana baru dapat dicairkan 50% terlebih dahulu dan tidak sekaligus 100%?

(hal ini sudah diatur dalam Term of Condition dan dikuatkan melalui Surat Perjanjian)

Term of Condition dapat diakses di sini

 

Setelah dokumen MoU ditandatangani dan terjadi kesepakatan, maka pihak Kolase.com akan mencairkan dana pendapatan campaign sebesar 50% kepada campaigner dan status campaign akan berubah menjadi . Untuk memproses pencairan 100% maka tugas campaigner untuk memenuhi hak Booster (kontributor) sebagai penyandang dana campaign untuk mengirimkan nomer resi bukti pengiriman ticket (terkecuali terdapat kesepakatan lain dengan pihak Kolase.com) maupun merchandise kedalam formulir yang sudah disediakan oleh Kolase.com pada bagian “My Kolaborasi” kontributor.

 

  1. Pengiriman resi

Fitur ini terdapat di bagian daftar kontributor yang dapat diakses dengan meng-klik tombol  pada campaign yang sedang dalam tahap withdraw.

Setelah memasuki halaman daftar kontributor maka di dalam masing – masing detail booster dapat dilihat muncul tombol  dan  (kedua tombol ini hanya muncul pada saat campaign berstatus ).

Proses yang dilakukan pada tahapan ini sebenarnya hanya input no resi dan menangani komplain saja. Namun mengingat banyaknya item yang akan diproses, sebaiknya pastikan resi yang akan diproses sudah sesuai dengan nama booster (kontributor) yang ada di list kontributor.  Berikut penjelasan masing masing proses yang bisa dilakukan kolaborator (campaigner) pada tahap ini :

  1. Input nomer resi pada masing – masing booster
  • Klik pada tombol untuk membuka popup formulir input resi, kemudian masukkan nomer resi sesuai dengan petunjuk yang ada pada popup, kemudian klik pada tombol .
  • Sistem akan otomatis mengecek valid tidaknya nomor resi yang diinput oleh campaigner, jika resi yang diinputkan valid maka popup akan menutup dan data tersimpan kedalam sistem.
  • Jika resi yang diinputkan pernah digunakan/diinput kedalam sistem, maka sistem akan menampilkan validasi seperti gambar berikut:
  • Untuk membatalkan proses input resi klik pada tombol atau diluar popup.

 

  1. Merespon komplain

Jika campaigner ingin merespon komplain dari booster atau ingin mengkonfirmasi keterangan dari booster klik pada tombol .

 

  1. Counter

Perkembangan progress reward yang sudah terproses dapat dilihat sekilas dari bagian counter yang terletak pada header list kontributor.

 

 

 

  1. Konfirmasi item yang sudah diterima oleh kontributor

Jika semua resi sudah terinput ke dalam sistem, maka campaigner hanya tinggal menunggu konfirmasi barang terkirim dan merespon komplain dari para booster. Booster yang sudah mengkonfirmasi penerimaan reward maka  tombol   akan hilang pada detail boosternya.

 

  1. Pembayaran sisa funding

Ketika seluruh booster sudah mengkonfirmasi barang yang dikirimkan sampai ke alamatnya, maka sistem akan secara otomatis mengirimkan notifikasi kepada admin kolase.com bahwa semua pengiriman sudah diterima. Pada tahapan ini campaigner akan menerima email dari kolase.com seperti gambar berikut :

 

  1. Konfirmasi oleh campaigner bahwa total funding sudah diterima

Pada saat admin kolase meng approve pencairan sisa funding maka status campaign akan berubah menjadi . Pihak kolase.com akan menghubungi campaigner untuk mengkonfirmasi pembayaran sisa funding, dan sebagai feedback maka campaigner hanya tinggal meng klik  untuk mengkonfirmasi pembayaran telah diterima secara penuh.

 

Dengan meng-klik tombol  maka Kolaborasi kamu dinyatakan  .

 

Tentang Booster & Campaigner

Baik booster maupun campaigner, semuanya memiliki hak dan kewajiban masing-masing. Sebagai dua pihak yang terlibat dalam proyek kreatif yang sama, penting bagi keduanya untuk menghormati hak dan kewajiban tersebut.

Sebagai booster, kamu bisa mendukung campaign apa pun yang kamu suka. Dengan menjadi booster, kamu telah memberikan suport moral dan finansial terhadap campaigner favoritmu. Kamu bisa membantu campaigner dengan mempromosikan campaign tersebut ke lingkaran pergaulanmu.

Sebagai campaigner, kamu bisa membuat proyek apa pun sesuai aspirasimu selama tidak melanggar undang-undang di Indonesia. Dari dukungan yang kamu dapat dari booster, kamu bisa memulai proyekmu sekarang juga. Asalkan, jangan lupa untuk berbagi proses kreatifmu kepada mereka dan memberikan seratus persen komitmenmu terhadap terwujudnya ide brilian tersebut.

Sebagai pengikat, reward yang diberikan oleh campaigner dan diterima oleh booster akan menjadi simbol apresiasi dan komitmen antara kedua pihak dalam menjadikan nyata sebuah ide yang luar biasa.